Rabu, 21 Mei 2014

Esai ...



Esai, merupakan tulisan bebas yang sebenarnya memiliki makna. Kalimat tersebut merupakan pemahamanku mengenai apa itu esai. Apa kalian pernah membuat esai? Yah mungkin kalian pernah namun kalian tak tau yang manakah yang disebut esai. Sama sepertiku, aku juga tak tahu esai itu yang seperti apa. namun dari materi yang aku dapat hari ini. Dapat memberi  pencerahan mengenai esai. Tak puas dengan materi yang diberikan aku cari dari refrensi lain. Dari refrensi yang aku dapat, esai mempunyai banyak macam. Contohnya seperti opini, opini merupakan essai yang berbentuk argue. Berarti jika demikian, aku sudahe pernah membuat esai? Karena sudah pernah membuat opini.

Esai yang bertuliskan bebas, untuk pemahaman sekarang adalah bukan hanya sembarang tulisan bebas, namun tulisan yang mempunyai makna dari apa yang tertulis didalamnya. Semua orang bisa menulis esai, anak sekolah dasarpun bisa. Catatan harian atau juga bisa disebut diary juga merupakan esai, namun esai yang dilihat adalah ada nilai-nilai didalamnya.
Apakah tulisan ini bisa disebut esai, yah bisa saja. Karena ini juga merupakan tulisan bebas. Namun dilihat lagi dari sudut pandang siapa yang membacanya. Apakah layak diebut esai atau tidak. Karena sekarang kan kebanyakan yang disebut esai memiliki art ditulisannya. Jika ingin bisa menulis tulisan esai kuncinya adalah banyak-banyak membaca, dan banyak-banyak menulis. Dengan melakukan hal-hal seperti dijamin bisa menulis esai dengan bagus. Mungkin sekarang aku sendiri belum bisa, namun nanti aku akan bisa menulisnnya dengan baik.
Setiap orang pasti memiliki ciri khas dalam menulis tak mungkin tidak. Bagaimana denganku? Bagaimana juga dengn kalian? Jujur saja aku juga tak tau ciri khas, atau gaya menulisku seperti apa. mungkin orang lain yang bisa menilai hal itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar