Rabu, 21 Mei 2014

Apa salahnya belajar lagi?



Sukorejo, merupakan salah satu desa  yang berada di Trenggalek, Jawa Timur Indonesia. Suasana desa ini mengingatkanku pada rumah kakek nenekku yang berada di Kediri. Tenang, asri dan udaranya pun sejuk. Pertama kali datang ketempat ini, yang aku lihat banyak jajaran genteng-genteng yang sedang dijemur dipelataran depan rumah. Jadi kesan pertama dari desa ini adalah desa pembuat genteng, namun pada kenyataannya usaha membuat genteng ini sebenarnya bukan pekerjaan utama dari desa ini, melainkan hanya sebagai kerja sampingan. Pernytaan ini didapat dari kepala desa setempat. Tak hanya usaha gentengnya saja yang menarik perhatianku, namun panorama yang berupa bukit-bukit juga terlihat indah menghiasi background dari desa ini.

Tujuanku kesini tidak untuk rekreasi atau jalan-jalan, namun aku kesini untuk belajar. Belajar jurnalistik, sangat baik untuk para persma dalam menjalankan tugasnya. Disini diajarkan bagaimana cara reportase yang baik, bagaimana cara menulis berita, menganalisis sosial. Materi ini sebenarnya sudah dipelajari sebelumnya, namun apa salahnya untuk belajar lagi. Mungkin saja sudah lupa dengan materi yang dulu, atau bisa saja menjadi koreksi. Apakah yang kita lakukan sudah benar adanya, atau bahkan salah.
Disini tak hanya diajarkan teori-teori saja namun juga langsung kepraktiknya. Setelah menerima teori para peserta langsung diterjunkan langsung kelapangan. Dengan waktu yang singkat peserta disuruh mencari data-data tentang informasi dari desa ini, yang tentunya tema sudah ditentukan panitia, belum lago angel yang harus dipilih.
Kesulitan dalam hal ini adalah bagaimana pintar-pintarnya kita menggabungkan sudut pandang yang sudah diambil dengan tema yang diberikan. Jika salah saja menggabungkan kedua aspek ini, maka berita yang akan ditulis akan tidak akan jelas kemana arahnya dan akgirnya menjadi berita yang tak bermutu. disini juga kita harus pandai memilih isu-isu yang ada dimasyarakat. Dengan pemilihan isu yang tepat juga akan berpengaruh terhadap berita yang akan kita cari atau tuliskan nanti.

2 komentar:

  1. memang di trenggalek itu banyak yang ganteng - ganteng berjejeran.

    aku berinisiatif nge-tag nang fb salah satu tulisanmu. gimana sudah siap berbagi?

    BalasHapus